ads

Alat Tangkap Bubu

Alat Tangkap Bubu adalah alat tangkap yang umum dikenal dikalangan nelayan, yang berupa jebakan, dan bersifat pasif. Alat Tangkap Bubu sering juga disebut perangkap “ traps “ dan penghadang “ guiding barriers “.
Alat Tangkap Bubu
Alat Tangkap Bubu
Alat tangkap bubu terbagi lagi menjadi beberapa jenis , diantara jenis-jenis alat tangkap bubu yaitu :
Alat Tangkap Bubu dibuat dari bambu, dengan rotan cincin sebagai bingkai. Ini berbentuk seperti tong tapi meruncing menjelang akhir menyerupai kerucut. Mulutnya dilengkapi dengan saluran separat pintu masuk yang memungkinkan ikan atau udang untuk melewati dengan mudah dalam satu arah saja.

Untuk membuat sebuah alat tangkap bubu, batang bambu dipisahkan dan dibuat menjadi rata, cincin berukuran jari batang, jumlah dan panjang yang bergantung pada dimensi yang diusulkan perangkap ikan. Rotan cincin, yang menentukan ketebalan dan memegang tongkat bambu bersama-sama, ditempatkan pada pembukaan dan spasi keluar beberapa sentimeter terpisah untuk suatu titik di mana tongkat merupakan membungkuk untuk membentuk berbentuk kerucut akhir. Tongkat yang diikat ke cincin dengan rotan potongan dan berbentuk kerucut-akhir ini baik ditenun dengan rotan strip atau diikat dengan tempurung kelapa. Seorang pembuat terampil dapat menyelesaikan pekerjaan pada ikan berukuran sedang-perangkap dalam tiga hari.

12 comments:

Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar, demi memberi motivasi saya dalam mengurus blog ini. Komentar tanpa submit CAPTA,serta blog ini Dofollow...

Popular Posts