ads

Inilah Dia 3 Cara Hidup Tumbuhan Air

Jika anda sedang berjalan-jalan disekitar rawa, sungai, danau atau perairan umum lainnya tentu anda pernah melihat ada semacam jenis-jenis tumbuhan yang hidup di perairan rawa, danau waduk tersebut, pernahkah anda berfikir bagaimana cara hidup dari tumbuh-tumbuhan tersebut sehingga ia bisa tumbuh dan berkembang biak di perairan tersebut??

Sebelumnya saya akan menjelaskan bahwa artikel ini saya buat berdasarkan materi perkuliahan yang saya pelajari di kampus perikanan jurusan manajemen sumberdaya perairan UNRI, jadi berdasarkan materi perkuliahan yang saya dapat, ternyata ada 3 cara hidup tumbuhan air. maka inilah dia  3 Cara Hidup Tumbuhan Air yang perlu anda ketahui.


1.Tumbuhan Air yang Bersifat Emergent

Tumbuhan ini disebut Emergent karena memang cara hidup di perairannya bersifat demikian, arti dari emergen itu sendiri adalah tumbuhan air yang akarnya menancap di dasar perairan (rawa, sungai, waduk, danau dan perairan umum lainnya) akan tetapi daunnya diatas permukaan.

Untuk jenis tumbuhan yang cara hidupnya bersifat Emergent ini bisa anda lihat pada jenis tumbuhan air bunga teratai, dimana akar dari tumbuhan teratai itu menancap di dasar perairan sedangkan daunnya berada di atas permukaan air.

bunga teratai
Teratai
Inilah dia salah satu tumbuhan air yang cara hidupnya di perairan bersifat emergent, yakni akar tumbuhan tersebut menancap didasar perairan akan tetapi daunnya diatas permukaan, jadi jika suatu saat anda melihat bunga teratai yang secara umum dipelihara masyarakat karena keindahan bunga dan daunnya, maka anda perlu ingat bahwa tumbuhan ini memiliki cara hidup yang bersifat emergent.

2. Tumbuhan Air yang Bersifat Sub Merge

lain lagi dengan tumbuhan air yang bersifat emergent, maka tumbuhan ini bersifat sub merge, arti dari sub merge itu sendiri adalah tumbuhan air yang hidupnya mengambang di kolom perairan, akar dan daun dari tumbuhan jenis ini berada di kolom perairan yakni berada di dalam air akan tetapi tidak berada sampai kedasar perairan itu sendiri.

sub merge
Algae-sub merge


Jika anda pernah melihat sesuatu di dalam air yang berwarna hijau maka itu adalah jenis tumbuhan algae yang merupakan salah satu jenis tumbuhan air yang hidupnya bersifat sub merge, tumbuhan algae ini akar dan daunnya berada dalam kolom air.


3.Tumbuhan Air yang Bersifat Floating

eceng gondok
eceng gondok


Nah jika tumbuhan yang satu ini adalah tumbuhan yang bersifat Floating yang artinya tumbuhan jenis ini akar dan daunnya mengapung diatas perairan, dan tumbuhan jenis Floating inisering sekali dijumpai di hampir seluruh perairan, apa lagi jika perairan tersebut tercemar bahan organik maka tumbuhan ini akan banyak tumbuh dan cepat berkembang biak, sehingga mendominasi jenis tumbuhan yang ada di suatu perairan. untuk contoh jenis tumbuhan yang bersifat floating ini, anda bisa lihat tumbuhan air eceng gondok.

9 comments:

Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar, demi memberi motivasi saya dalam mengurus blog ini. Komentar tanpa submit CAPTA,serta blog ini Dofollow...

Popular Posts