ads

Ukuran Lapangan Bola Kaki Berbeda-beda

Kemarin ketika sedang nonton siaran bola kaki liga inggris dengan teman saya, kami berdua menonton pertandingan bola kaki tersebut sambil mengomentari aksi-aksi para pemain bola liga inggris yang seperti kita ketahui semua sangatlah mengagumkan. setelah ngalor ngidul mengomentari jalannya pertandinang tersebut teman saya berkata "cepat ya para pemain-pemain itu sampai ke area lapangan musuh bawa bolanya" katanya, dan saya pun menimpali dengan biasa saja " ya kan karena postur orang tu besar-besar dan tingggi-tinggi bang, makanya cepat larinya" jawab saya.enggax karena itu juga kox, jawabnya lagi, bukan karena itu, tapi karena lapangan bola kaki orang tu (liga inggris) lebih pendek, jawabnya sambil menghisap rokoknya dengan sangat dalam....

saya yang tidak begitu maniak terhadap pertandingan bola kaki dan sedikit mengetahui informasi teknis mengenai pertandingan ini tentunya saya tidak percaya kalau lapangan bola kaki tersebut ukurannya lebih pendek, maka saya membantah perkataan teman saya tersebut dengan berkata" ah, masak sih bang, bukannya ukuran lapangan bola kaki tu sama semuanya ya di seluruh dunia kox ada yang beda gitu? masak sih ukuran lapangan bola kaki liga inggris ni lebih pendek? diapun menjawab" ia emang begitu kox, coba saja browsing, cari infonya di internet, kata dia, kemudian saya pun mengambil laptop saya yang kebetulan saya ada mengambil paket data modem untuk internetan, maka mulailah saya menanyakan pada mbah google dengan mengetik" Ukuran Lapangan Bola Kaki" kemudian saya klik tombol "search" maka tampillah beberapa informasi dari berbagai web tentang Ukuran Lapangan Bola Kaki tersebut. dari beberapa informasi tersebut berikut kesimpulannya.

lapangan bola
lapangan bola
Pada lapangan bola kaki untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola internasional yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter ( Sumber : wikipedia.com).

Dari informasi tersebut kemudian saya pun mencoba mengkroscek beberapa lapangan bola yang sering kita dengar seperti misalnya stadion bola kaki  san siro, Stamford Bridge, Stadion Wembley dan dari dalam negeri yakni stadion Gelora bung karno. berikut ukuran panjang dan lebar ukuran lapangan sepek bola tersebut.

1.san siro

Ukuran : 105m x 68m

Stadion Giuseppe Meazza (nama Italia: Stadio Giuseppe Meazza, juga dikenal dengan nama San Siro), adalah stadion sepak bola di Milan, Italia. Stadion ini adalah kandang bagi dua tim Liga Italia dari Serie A: A.C. Milan dan Internazionale.
Stadion Giuseppe Meazza mulai dibangun oleh Piero Pirelli, presiden AC Milan saat itu, pada 1 Agustus 1925 dan selesai pada 15 September 1926 dengan nama Nuovo stadio Calcistico San Siro. Pembangunan tersebut menghabiskan dana sekitar 5 juta lira. Stadion ini dibuka secara resmi pada tanggal 19 September 1926 dengan pertandingan derby antara AC Milan melawan Inter Milan, yang dimenangkan oleh Inter Milan dengan skor 6 - 3.
Pada awalnya Stadion ini adalah Stadion kandang bagi AC Milan, hingga pada tahun 1935 AC Milan mengalami kebangkrutan dan harus menjual stadion tersebut pada Pemerintah kota Milan. Inter Milan kemudian menyewa Stadion ini dari Pemerintah kota Milan pada tahun 1947, sejak saat itu stadion ini digunakan sebagai kandang bagi Inter Milan dan AC Milan. Jauh sebelum menggunakan Stadion Giuseppe Meazza, Inter selalu menggunakan Stadion Arena.
Nama Giuseppe Meazza dipilih sebagai nama Stadion pada 3 Maret 1980 untuk menghormati pemain sepak bola legendaris yang membawa Italia menjuarai Piala Dunia 1934 dan 1938, sekaligus mantan pemain Inter dan Milan. Suporter AC Milan lebih suka menggunakan nama "San Siro" untuk menyebut nama stadion ini, karena Giuseppe Meazza lebih identik sebagai ikon Inter Milan walaupun pernah bermain untuk AC Milan.
Pada tahun 1987 dalam persiapan untuk Piala Dunia pemerintah Italia memberikan dewan kota Milan $30 juta untuk memodernisasikan stadion tersebut, namun akhirnya ongkosnya membengkak dua kali lipat.

san siro
Sumber : Wikipedia


 2.Stamford Bridge


Stamford Bridge

Ukuran : 103 x 67 meter 

Stamford Bridge adalah sebuah stadion sepak bola di London yang merupakan stadion kandang Chelsea Football Club. Stadion ini sering disebut "The Bridge" oleh penggemar klub tersebut dan memiliki apasitas 41.837 kursi penonton. Stamford Bridge dibuka pada tahun 1877 dan digunakan oleh London Athletics Club hingga tahun 1905, saat pemilik baru Gus Mears mendirikan Chelsea Football Club untuk menempati stadion. Chelsea memainkan pertandingan kandang di stadion ini sejak saat itu.Stadion ini telah mengalami berbagai perubahan besar selama bertahun-tahun, yang terakhir pada dekade 1990-an ketika dilakukan renovasi untuk menjadikan sebuah stadion yang lebih modern, stadion dengan kursi penonton pada setiap tribun.

3. Stadion Wembley


wembley

Ukuran :  105 × 69 m

Dalam sepakbola internasional, stadion ini merupakan komponen sentral dalam pencalonan Inggris sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 dan juga akan menjadi tuan rumah Final Olimpiade London 2012 dalam cabang sepak bola. Selain menjadi tuan rumah laga final Piala FA, stadion ini juga menjadi tuan rumah laga Community Shield, babak final Piala Liga Inggris, dan tuan rumah babak final play-off Football League Championship, Final Liga Champions UEFA 2011, Piala Wembley, dan NFL International Series.

4.Gelora bung karno



Gelora bung karno

 Ukuran : 110 x 60 m 

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional. Untuk negara indonesia setiap pertandingan bola kaki baik yang sifatnya hanya pertandingan persahabatan ataupun pertandingan resmi, maka stadion inilah yang sering di gunakan, salah satu stadion yang megah dan menjadi kebanggaan rakyat indonesia.

Dari beberapa stadion tersebut, maka sayapun menyimpulkan bahwa ternyata memang "Ukuran Lapangan Bola Kaki Berbeda-beda" pada setiap negaranya, maka benarlah apa kata teman saya tadi yang mengatakan demikian bahwa Ukuran Lapangan Bola Kaki Berbeda-beda, sebuah informasi yang sangat berharga bagi seorang yang tidak begitu memahami bola kai seperti saya ini.

6 comments:

Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar, demi memberi motivasi saya dalam mengurus blog ini. Komentar tanpa submit CAPTA,serta blog ini Dofollow...

Popular Posts