ads

Fungsi Mikro Alga



Fungsi mikro alga seiring dengan perkembangan bioteknologi mikroalga, saat ini perhatian mulai ditujukan untuk penghasilan produk bermanfaat yang bemilai ekonomi tinggi, di antaranya adalah pigmen seperti fikobiliprotein, asam amino, enzim seperti acetamidase, protease, asam amino oksidase, superoksidase dismutase dan endonuklease restriksi. inhibitor enzim seperti glikosidase inhibitor dan senyawa pengatur tumbuh. Fungsi Mikro Alga dalam beberapa produk lain terutama yang memiliki arti penting dalam bidang farmasetika, seperti antibiotik.

Beberapa enzim dapat di Isolasi dari mikroalgae, yang merupakan jenis algae yang berukuran mikroskopik. Beberapa alga dilaporkan mengandung senyawa enzim yang berperan peranting diantaranya adalah jenis alga hijau (Spirogyra, Mougeotia sp., Zygnema cylindricum and Mesotaenium caldariorum) yang mengandung enzim glycosidase (a-glucosidase, a-amylase and fl-galactosidase, beberapa jenis cyanophyta juga mengandung enzim yang berperan penting dalam mendegradasi bakteri atau sebagai inhibitor. Adapun manfaat mikro alga di berbagai bidang antara lain :

mikro alga
mikro alga


a. Fungsi Mikro Alga di Bidang perikanan
fungsi 
mikro alga atau Manfaat mikro alga dalam bidang perikanan yakni sebagai makanan larva ikan, dilakukan melalui isolasi untuk mendapatkan satu spesies tertentu, misalnya Skeletonema. Kemudian dibudidayakan pada bak-bak terkontrol pada usaha pembibitan ikan untuk keperluan makanan larva ikan

b. Manfaat  Mikro Alga di bidang Industri farmasi dan makanan suplemen
Fitoplankton mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi digunakan sebagai makanan suplemen bagi penderita gangguan pencernaan dan yang membutuhkan energi tinggi. Contoh produk yang beredar dari jenis Chlorella.

c. Fungsi Mikro Alga di bidang Pengolahan limbah logam berat
Dalam pengolahan limbah logam berat fitoplainkton dapat digunakan untuk mengikat logam dari badan air dan mengendapkannya pada dasar kolam. Sehingga logam dalam air menjadi berkurang.

d. Fungsi Mikro Alga Sebagai Sumber energi alternatif biodiesel
Biomassa mikroalga selain mengandung protein, karbohidrat dan vitamin juga mengandung minyak. Bahkan jenis mikroalga tertentu, misal Botrycoccus braunii memiliki kandungan minyak yang komposisinya mirip seperti tanaman darat dengan jumlah yang lebih tinggi bila dibanding dengan kandungan minyak pada kelapa, jarak dan sawit.

Demikianlah beberapa fungsi dari mikro alga, walaupun organisme ini termasuk kedalam golongan yang memiliki ukuran yang kecil, namun ternyata dengan perkembangan teknologi sekarang, rupanya mikro alga memiliki beberapa fungsi dan manfaat, seperti fungsi mikro alga di bidang pertanian, pengolahan limbah berat, dan fungsi Mikro Alga Sebagai Sumber energi alternatif biodiesel

3 comments:

Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar, demi memberi motivasi saya dalam mengurus blog ini. Komentar tanpa submit CAPTA,serta blog ini Dofollow...

Popular Posts