ads

Penyebab Kegagalan Dalam Menetaskan Telur Bebek



Kemaren saya mulai melakukan kegiatan menetaskan telur bebek dengan menggunakan mesin penetas telur tentunya. Pertama saya siapkan dulu mesin penetas telurnya agar bisa digunakan dalam proses penetasan telur bebek yang akan saya lakukan.  Persiapan mesin penetas ini saya lakukan dengan membersihkan mesin penetas telur dari berbagai kotoran dan serangga, seperti misalnya semut. Setelah saya rasa cukup oke kebersihan mesin tetasnya, selanjutnya saya pun melakukan persiapan mesin penetas dengan mengatur suhu yang akan diperlukan dalam proses kegiatan penetasan ini.  Pengaturan suhu saya lakukan dengan menghidupkan terus menerus lampu di dalam mesin penetasan kemudian saya kontrol dengan menggunakan alat ukur suhu. Jika suhu melebihi batas maximum yang bagus dalam kegiatan penetasan telur bebek, maka sayapun segera melukukan pengaturan pada alat pengatur suhunya, yaitu thermosfat. Sebaliknya jika suhu kurang dari batas suhu yang ideal untuk kegiatan penetasan, maka saya seting juga alat pengatur suhu yakni thermosfat tadi.
Kembali lagi pada topik artikel ini, yakni kegagalan dalam menetaskan telur bebek, setelah saya melakukan persiapan ini dan itu yang telah saya sebutkan tadi, selanjutnya sayapun mulai mengambil telur bebek yang baru saja berumur satu hari. Telur ini saya dapatkan dari peternak bebek yang ada di daerah saya. Setelah saya rasa cukup, sayapun kemudian memasukkan telur yang akan ditetaskan dengan menggunakan mesin penetas telur itu kedalam mesin penetas telur yang telah saya siapkan tadi.
Perlakuan yang saya lakukan dalam proses penetasan telur dengan menggunakan mesin penetas telur ini sama seperti perlakuan-perlakuan yang banyak beredasr di internet-internet. Yang pasti saya mencatat kapan hari pertama mulai penetasan dan sudah hari keberapa proses penetasan telur bebek yang saya lakukan dengan menggunakan mesin penetas telur ini sudah berjalan. Untuk menetaskan telur bebek dengan menggunakan mesin penetas telur, lama waktu penetasan itu sendiri selama 28 hari. Berhari –hari setelah dimulainya hari pertama penetasan telur bebek, terkadang sayapun melakukan pengontrolan terhadap telur bebek yang ditetaskan itu sendiri, seperti misalnya melakukan peneropongan telur bebek untuk melihat perkembangan dari embrio bakal anak bebek yang akan menetas.
Setelah hampir mendekati hari ke 28, atau hari terakhir proses kegiatan penetasan telur bebek menggunakan mesin penetas telur ini, yakni hari ke 26 dan 27 saya perhatikan kox tidak ada nampak tanda-tandanya telur tersebut akan menetas. Namun sayapun berfikiran positif thinking saja, mungkin karena masih hari ke 26 menurut saya. Hari ke 27 pun tiba namun masih tetap saja sama tidak ada tanda-tanda telur akan mulai menetas, sayapun mulai merasa jika penetasan telur bebek yang saya lakukan kali ini akan mengalami kegagalan.
Sampai hari ke 30 sudah melebihi batas waktu menetasnya telur bebek, namun memang tidak ada telur yang menetas. Sudah yakinlah saya memang penetasan kali ini gagal total.  Kegagalan dalam menetaskan telur bebek ini setelah saya flesh back kebelakang, saya analisa memang ada beberapa faktor kejadian yang terjadi selama proses penetasan telur bebek ini. 

 
kegagalan menetaskan
Ini dia telur yang gagal menetas pada proses penetasan telur yang saya lakukan

Gamba diatas merupakan salah satu telur yang mengalami kegagalan dalam kegiatan penetasan telur bebek yang saya lakukan. Berlatar belakang karena ingin mengetahui apakah telur bebek yang saya tetaskan tersebut mengalami kegagalan di minggu awal atau mengalami kegagalan di waktu 4-3 hari menjelang menetas ( hari H nya) yakni hari ke 28??. Oleh karena itulah maka saya memecahkan satu persatu telur bebek yang saya tetaskan tadi, dan bisa anda lihat sendiri dari gambar yang saya ambil, bisa anda lihat sendiri ternyata telur yang saya tetaskan tersebut sudah membentuk sempurna seekor anak bebek, seluruh organ nya sudah terbentuk sempurna, dengan kata lain tinggal nunggu menetas saja lagi dari telurnya.

menetaskan telur
kegagalan dalam Menetaskan Telur

Ini juga gambar yang saya dokumentasikan ketika saya memecahkan telur bebek yang saya tetaskan, kegagalan dalam menetaskan telur bebek ini semoga saja bisa menjadi informasi bagi semua orang yang akan memulai kegiatan menetaskan telur bebek dengan menggunakan mesin penetas telur. Karena beberapa penyebab yang terjadi dalam proses kegiatan penetasan telur bebek yang saya lakukan, hali ini menyebabkan terjadinya kegagalan dalam menetaskan telur bebek.


12 comments:

Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar, demi memberi motivasi saya dalam mengurus blog ini. Komentar tanpa submit CAPTA,serta blog ini Dofollow...

Popular Posts