ads

Deskripsi Ikan Pelati Pedang




Menurut Saanin (1984) dalam Zulfikri (2009), Ikan plati pedang dapat diklasifikasikan kedalam ordo cyprinodontoidei, sub ordo poecilioidei, famili poecillidae, genus xyphophorus, spesies Xyphophorus helleri. Nama asing ikan ini adalah swordtail.

Menurut Susanto (2003), Ciri-ciri ikan plati pedang yaitu tubuh memanjang dengan potongan melintang compressed, mempunyai gonopodium berbentuk jangkar yang mengembang dan pedang panjang. Pedang ini sebenarnya adalah sirip anal yang tumbuh memanjang. Sirip punggung dan ekornya relatif lebar.

pelati pedang


 Sedangkan menurut Delami (2001), Ada beberapa alasan mengapa ikan plati pedang diterima oleh banyak orang yang membudidayakannya, selain keindahan bentuk, warna, mudah dikembangbiakkan, ikan ini juga bersifat sosial yang tinggi sehingga dapat hidup berdampingan damai dengan ikan hias lain dalam akuarium.

Menurut Lingga (2003), Ikan hias plati pedang merupakan ikan yang beranak yang membutuhkan tanaman air seperti hydrilla atau enceng gondok sebagai tempat persembunyian anak-anaknya dari ketinggian air sekitar 30 cm, induk ikan plati pedang beranak setelah 5-7 hari. Induk plati pedang betina dapat menghasilkan sekitar 80-125 ekor dan interval dilakukan pemijahan pemijahan untuk beranak kembali kadang-kadang membutuhkan waktu sampai 1 bulan.


Daftar Pustaka



Daelami,D. A. S. 2001. ’Usaha Pembenihan Ikan Hias Air Tawar’. Penebar swadaya (Anggota IKAPI). Jakarta. 166 hal.

 Lingga, P. 2003. Ikan Hias Air Tawar’. Penebar swadaya. Jakarta.
 
Susanto. 2003. ’Ikan Hias Air Tawar’. Penebar swadaya. Jakarta. 237 hal.




Zulfikri. 2009. ’Peningkatan Kualitas Warna Ikan Plati Pedang (Xyphophorus helleri) Ddengan Penambahan Pewarna Alam Dalam Pakan Buatan’. Skipsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru.



 


 






68 comments:

Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar, demi memberi motivasi saya dalam mengurus blog ini. Komentar tanpa submit CAPTA,serta blog ini Dofollow...

Popular Posts