ads

Menolong Sesama dengan Tetap Waspada dan Berhati-hati (Kisah Nyata)


Minggu, 17 Mei 2015. Bunyi nada dering pada perangkat selurer saya menandakan adanya sebuah pesan masuk. Bergesas saya mengambilnya dan melihat, ternyata memang ada sebuah pesan masuk yang berasal dari sebuah aplikasi “Messager” yang terkoneksi dengan akun Facebok Saya.

Sebuah pesan yang berasal dari sebuah akun facebook. Namun tidak jelas nama akunnya, yang jelasdari foto frofil yang saya lihat, terpampang sebuah foto seorang anak sedang duduk dengan membekap kedua kakinya serta kepala yang tertunduk kebawah. Gax jelas, dia siapa dan darimana. Saya pun merasa dan tidak pernah mengenalnya. 

Berikut transkip percakapan yang terjadi antara saya dan dia (seseorang yang berasal dari akun fb yang tidak jelas) percakapan ini terjadi pada hari minggu 17 Mei 2015 .

“Kak” awal isi pesan masuk yang berasal dari aplikasi “Messangger” yang terkoneksi dengan akun fb saya (12.29 wib). Berselang 30 menit berikutnya datang lagi sebuah pesan “ kk bsa bantuin aku gak kak??”.  Kemudian saya membalas pesan masuk tersebut “???”. Jawaban yang saya berikan (???) karena saya bingung dan heran, ni orang siapa kox tiba-tiba bilang minta tolong sama saya.

Beberapa menit kemudian datang balasan “ aku lagi cari kerjaan kak, ya mana tau kk bisa bantu. Aku butuh banget di pekanbaru. Aku gak punya tempat tinggal maupun famili”. Karna saya tidak kenal dengan dia, saya balas aja “ Lo sapa? Salah orang bukan, emang kita kenal ???”. 

“ya udah kk, thanks atas waktunya” jawabnya.
“gila Lo..SKSD (Sok Kenal, Sok dekat ).....jawab ku....

“hmmm.....namanya orang yang sedang berusaha mencari nafkah untuk hidup, ya gini lah realitas kehidupan dari zaman ke zaman. Orang yang hidupnya kalangan menengah keatas g akan pernah melihat orang yang di bawah nya. Saya hanya butuh bantuan saja, ya kalau tidak bisa, tidak perlu mencaci maki orang.” Jawabnya lagi.
Membaca balasan yang seperti itu kemudian saya menjawab “ kamu pernah baca berita gax?. Rumah umi pipik, istri almarhun ustad UJE, dibakar habis oleh api. Ternyata pelakunya adalah seorang bocah yang tidak jelas asal usulnya yang ditolong dan dibantu oleh umi pipik dan almarhun UJE.

rumah uje
Sumber : http://celebrity.okezone.com/read/2014/06/30/33/1005993/alasan-pelaku-tega-membakar-rumah-mendiang-uje


Kemudian datang pesan balasan yang berisi “ ya itulah namanya kehudupan kakak. Kita melihat seseorang dari luar tetapi didalamnya busuk. Tetapi bagi saya rezeki itu gak akan ke mana-mana. Selagi di jalan yang benardan tergantung sifat akal dan fikiran. Orang menjalankan hidup agar bisa sebaik-baik mungkin. Tapi ya udah, gak usah dibahas kak, yang terpenting saya udah berusaha untuk diri saya agar tidak merugikan orang lain. Karena tidak ada seorangpun yang tidak memiliki masalah hidup”.

Kemudian saya balas pesan tersebut “ Asal lo dari mana? Dengan sedikit rasa ingin tahu dan kasiahan padanya. Kemudian saya kirim pesan lagi yang isinya “ Jangan panggil sy kakak, saya cowok. Panggil saya abang.

Tak berselang lama ada balasan “asal saya jambi kakak, oh gt, kalau di Jambi  cowok maupun cewek sama saja dipanggil kakak” jawabnya. 

Setelah memahami permasalahannya, kemudian saya jawab “ saya sarankan kamu untuk mendatangi dinas sosial atau kantor polisi terdekat. Nantik dengan senag hati mereka akan memulangkan kamu ke Jambi. Saya menyarankan agar dia pergi ketempat tersebut, karena menurut saya dia masih berada di bawah umur dan termasuk kedalam anak-anak yang tersesat atau terpisah dari orang tuanya yang berada jauh di Jambi sana. Atau dengan alasan apapun juga, intinya demikian.

Namun sarannn saya tidak bisaaa dia lakukan karena dalam pesan balasannya dia menulis “ hmmm....gax bisa lagi kakak, karena nama saya sudah terdaftar di depsos Jakarta. Gax bisa 2x.”. tak berselang lama dia mengirim pesan “ oh ya kakak, jalan Angkasa di Pekanbaru ni dimana ya??”. Namun karena saya sudah tak mau melanjutkan percakapan ini saya jawab langsung dengan kata-kata terakhir saya “ saya cukup prihatin dengan keadaan kamu. Tapi mohon maaf, saya takbisa membantu. Cari saja orang lain. Kemudian jangan balas lagi pesan ini”.

Benar saja, akhirnya tak ada lagi pesan balasan darinya. Ya begitulah percakapan ini dimulai dan berakhir, bukan saya tidak mau menolong dia. Manusia sebagai mahluk sosial harus saling tolong menolong sesamannya. Namun, saya juga harus berhati-hati dalam menolong seseorang. Berubahnya zaman dan dengan semakin sulitnya perekonomian negara Indonesia ini, menjadikan semua orang berubah. Baik tingkah lakunya dan tutur katanya. Rambut bolehlah sama, namun isi hati, sapalah yang tau. Wawlohialam bisawab......

anak hilang
Inilah dia akun Facebook anak yang mengirim pesan kepada saya dan meminta bantuan dan pertolongan, bisa dilihat foto profilnya dan kronologi serta update status statusnya di https://web.facebook.com/iam.loval

transkip percakapan
Dan inilah dia transkip percakapan saya dengan dia hasil dari Screen shot

transkip percakapan
Transkip percakapan

301 comments:

  1. Wah iya nih, itu yang bakar rumah umi pipik kok bisa gitu ya

    ReplyDelete
  2. kasian juga ihh.. dia gak tau harus melangkah kemana..

    ReplyDelete
  3. kita hidup tidak bisa sendiri2, harus saling menolong, karna kita mahluk sosial !

    ReplyDelete
  4. Di zaman sekarang kita harus lebih waspada kepada orang asing yang tiba-tiba minta bantuan, karena terkadang kebaikan malah dibalas dengan tuba.. tetap waspada

    ReplyDelete
  5. Informasinya sangat lengkap dan bermanfaat, semoga makin sukses ya gan..
    thanks

    ReplyDelete
  6. bener banget, menolong sih boleh tapi kita juga harus hati-hati ya..

    jangan lupa kunjungan baliknya gan, thanks ya

    ReplyDelete
  7. menurut saya informasi ini sangat membantu kita semua, website seperti ini akan terus dikunjungi orang dan mendapatkan trafic yang tinggi sekali. salam sukses terus ya dari saya untuk anda! backlinksnya sangat berkualitas!

    ReplyDelete
  8. di jaman saat ini mesti berhati hati apalagi sama orang asing dan kenalnya pun lewat sosial media.

    ReplyDelete
  9. iya gan emang harus saling mambantu tp harus aspada juga apalagi orang yang ga kita kenal...hati2

    ReplyDelete
  10. waspada adalah hal yang utama di zaman sekarang :)

    ReplyDelete
  11. bener dah harus hati-hati dijaman sekarang. kadang yang minta bantuan itu maunya nipu aja.

    padahal kitanya mau bantu beneran, hmmm... sulit bener bedain orang yg baik dan pura2.

    ReplyDelete
  12. Artikelnya sangat bermutu dan bermanfaat untuk menambah wawasan kami.
    sorry ya blogwalking hehe
    thanks

    ReplyDelete
  13. Setujnu banget tuh, jaman sekarang jangan sembarangan menolong orang.. kudu teliti juga jangan sampai kita yang niatnya ngebantuin malah ditipu :(

    ReplyDelete
  14. Betul sekali yang penting tetap waspada..waspadalah..waspadalah.

    ReplyDelete
  15. ih iya ya gan.. yang ngebakar rumah umi pipik itu gak punya otak apa.. udah ditolong tapi malah seperti itu..

    ReplyDelete
  16. memang kita harus lebih berhati-hati kepada orang yang tidak dikenal kemudian SKSD, jangan sampai lengah dan jadi korban, terutama saat sendiri maupun tengah mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

    ReplyDelete
  17. thanks ya gan infonya... salam sukses

    ReplyDelete
  18. benar sekali kita menolong orang harus selalu waspada , apalagi seperti pada jaman sekarang ini,,,, memang susah mempercayai orang

    ReplyDelete
  19. yap tulisan agan benar....
    terkadang orang kita bantu justeru membanting kita.

    ReplyDelete
  20. Kasian juga ya dia, tapi kan dia cowok.. cowok itu bisa kerja apa aja dan tinggal dimana aja.. dimesjid juga bisa kan ya.. hehe

    ReplyDelete
  21. dunia semakin gila... waspadalah...waspadalah... Astaghfrlloh...

    ReplyDelete
  22. aku bingung harus bagai mana, nolongin gak nolongin haduuhh

    ReplyDelete
  23. bingung mau gimana baiknya, menolong gak menolong

    ReplyDelete
  24. bingung mau gimana baiknya, menolong gak menolong

    ReplyDelete
  25. bingung mau gimana baiknya, menolong gak menolong

    ReplyDelete
  26. bingung mau gimana baiknya, menolong gak menolong

    ReplyDelete
  27. sangat menarik dan sangat bermanfaat artikelnya gan..

    ReplyDelete
  28. kasian banget ya..
    tapi iya bener banget mas kita harus hati-hati, soalnya jaman sekarang banyak orang yang pura-pura baik padahal itu untuk mengelabui kita saja ya..

    ReplyDelete
  29. trimaksih gan thank bgt infonya ya :D

    sekedar info ajja bagi informasi buat agan" yang laagi bingung atau mengalami kesulitan dalam mengurus surat" penting seprti sim,stnk,dan sebagainya ane ada tempatnya nih mudah bgt tinggal pilih dibawah
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan
    biro jasa stnk
    biro jasa sim

    ReplyDelete
  30. hidup gotong royong penuhdengn persaudaraan... jangan dengki satu sama lain

    ReplyDelete
  31. Terimakasih infonya. sukses teruss

    ReplyDelete
  32. iya kadang kita bingung juga gan antara mau menolong sama keselamatan kita sendiri, saya sering sekali alami di kota besar gan, tidak lewat sms atau mesenger tapi kadang jg di dunia nyata.

    ReplyDelete
  33. salam kenal ya gan, artikelnya bagus bangett ditunggu artikel lainnya

    ReplyDelete
  34. niat kita mah baik membantu , klo di bles jahatt biarin aja urusan dy ma yg kuasa

    semoga bermanfaat
    http://polarinxinindo.co.id

    ReplyDelete
  35. tapi memang iya sih. sekarang karena terlalu banyak kasus jadi orang cenderung enggan menolong. termasuk bagi2 makanan di kendaraan umum. kuatir tiba2 dia kejang2, kt dituduh masukin obat

    ReplyDelete
  36. Kasian juga ya itu orang.. tapi kan dia laki-laki.
    laki-laki itu bebas mau kerja apa juga yang penting dia mampu dan Halal.

    ReplyDelete
  37. tetap semangat gan
    terus berkaraya , terimakasih

    ReplyDelete
  38. kasia banget rumah nya umi pipik.. turut prihatin

    ReplyDelete
  39. kejadian ini bagaikan sebuah pepatah
    air susu dibalas dengan air tuba

    dijaman sekarang, waspada kiri kanan atas dan bawah,, karena bahaya mengancam kita dari sisi manapun
    jika keluar rumah, bawalah pengaman..
    sekian tips saya
    "JANGAN DENGAN MUDAH MEMPERCAYAI ORANG ASING'

    ReplyDelete
  40. terima kasih, artikelnya sangat bagus, ditunggu artikel berikutnya

    ReplyDelete
  41. I enjoyed reading your article , thank you for giving me some very interesting information

    ReplyDelete
  42. The first thing to visit this blog is useful information and add our insight and knowledge for us all thank you admin.

    ReplyDelete
  43. memang benar terkadang orang yang baik hati menolong, ada saja yg mencoba memanfaatkan kebaikan kita.. tapi jgn pernah menyesal berbuat baik teman, karna yang diAtas telah memperhitungkannya

    Jual Beli Perfect Money PM
    Deposit Withdraw Balance InstaForex IF

    ReplyDelete
  44. I've listened to the articles you post well, and the results are quite satisfactory, thank you for sharing useful information.

    ReplyDelete
  45. thanks for infonya gan...sukses selalu

    ReplyDelete
  46. thanks for infonya gan...sukses selalu

    ReplyDelete
  47. salam blogger gan , jgan mudah menyerah dan salam sukses (y)

    ReplyDelete
  48. Terimkasih infonya, sangat bagus sekali, mudah di mengerti dan tetap selalu menjadi web yang bagus .. sukses yaaa :)

    ReplyDelete
  49. Thank you for all of this information may all be useful for the general lot.

    ReplyDelete
  50. wah rumah umi pipik , ustad uje di bakar

    ReplyDelete
  51. Klik Nama Diatas untuk melihat video dan download video

    ReplyDelete
  52. Thanks for sharing such a informative article. I hope that this post is really useful for the people who looks for this.

    ReplyDelete
  53. harus berfikir cerdas,untuk bisa menolong sesama,jangan sampai terjerumus kedalamnya

    ReplyDelete
  54. When I first visit this site and try to look what this site talks about I was really amazed with. WOW! fantastic.You could have get new important and interesting topic to be discuss. Really feel great that I visit this site.

    ReplyDelete
  55. ow begitu ya gan. mungkin org yang lg usaha nipu jadi halal in segala cara..hehehehe slm kenal gan

    ReplyDelete
  56. Menolong sesama yang sedang membutuhkan adalah keharusan. Tapi waspada perlu juga.

    ReplyDelete
  57. Excuse me, sir. permission to stop by and listened to a good article and this insightful. a very good job, thank you for sharing with us

    ReplyDelete
  58. Very good article, Because it has been giving a lot of knowledge to me and of course all of the readers of this article.

    ReplyDelete
  59. Post nice.

    http://miras.mywapblog.com/category/music-pop/1.xhtml
    http://miras.mywapblog.com/category/seputar-mwb/1.xhtml
    http://miras.mywapblog.com/category/lagu-chnthia-ivana-mp3/1.xhtml

    ReplyDelete
  60. Post nice.

    http://miras.mywapblog.com/

    ReplyDelete
  61. fansnya agan paling itu he... sukses selalu saja utk agan dan blog "http://zanepedia.blogspot.co.id"-nya

    ReplyDelete
  62. Postings are so helpful at all thank you very much all of this.

    ReplyDelete
  63. Terimkasih informasinya sangat menarik dan saya suka menyimaknya

    ReplyDelete
  64. Waspada itu perlu gan, hati2 aja jaman sekarang ini

    ReplyDelete
  65. Thank you so much for all the information presented to us. may be useful and more successful, updates continue gan.

    ReplyDelete
  66. Hmdtz .. jadi harus waspada dan berhati-hati dalam menolong sesama , buktinya umi pipik dan ustad uje di bakar rumah nya.

    ReplyDelete
  67. Salam blogger, Teruslah semangat untuk menulis artikel-artikel yang lebih menarik dan bermanfaat lainnya.

    ReplyDelete
  68. Greetings blogger, my visit this morning was not in vain. I saw and read your blog very good quality.

    ReplyDelete
  69. wah pengalaman berharga nih, thanks gan

    ReplyDelete
  70. His article is very good quality, I like his blog. This is extraordinary.

    ReplyDelete
  71. Bener tuh gan , hari gini harus hati2 sama orang yang gak kita kenal ..

    ReplyDelete
  72. Everything if done in earnest surely will produce perfect results. As this blog which contains topics that are highly qualified.

    ReplyDelete
  73. kasian juga, tapi ya bener juga harus waspada dan hati2

    ReplyDelete
  74. Your very inspiring great once in writing this article, I like your article.
    gan good luck!

    ReplyDelete
  75. makasih kak informasinya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  76. I see all the articles you write it contains topics which are very excellent and useful. This is very great.

    ReplyDelete
  77. Thank you always share information useful to me. I get a lot of knowledge of this blog.

    ReplyDelete
  78. heemm kasian juga anak itu,apalagy namanya sdh terdaftar di dinas sosial jakarta. Anak yang seharusnya masih menikmati dunia masa anak anak nya suudah harus menderita miris yaa

    ReplyDelete
  79. Visit Us : www.kidsjunction-store.com

    Grosir Baju Anak Branded Dari Pabrik, Grosir Baju Anak Langsung Dari Pabrik, Grosir Baju Anak Import, Grosir Baju Anak Branded Murah, Grosir Baju Bayi Murah, Grosir Perlengkapan Bayi, Baju Anak Laki-Laki, Baju Anak Perempuan, Baju Anak Online, Baju Anak Murah, Baju Anak Impor, Pakaian Bayi, Katalog Lengkap Baju Anak Berkualitas, Baju Bayi Branded, Baju Bayi Lelaki, Baju Bayi Baru Lahir, Baju Bayi Online, Distributor Pakaian Bayi, Baju Anak Branded Online, Toko Online Baju Anak Branded, Jual Baju Anak Branded Murah, Baju Tidur Anak Branded, Jual Grosir Baju Anak Murah, Grosir Baju Anak Cantik, Grosir Baju Anak Tanah Abang, Grosir Baju Anak Kita, Baju Muslim Anak, Baju Anak Tanah Abang, Baju Koko Anak, Grosir Baju Anak Korea, Grosir Baju Anak Import Murah, Harga Grosir Baju Anak, Baju Muslim Anak Perempuan, Pusat Belanja Online Baju Anak, Jual Baju Bayi, Toko Baju Bayi, Sentral Baju Bayi, Baju Muslim Bayi, Butik Baju Anak Branded, Baju Anak Branded Tanah Abang, Gudang Baju Anak Branded, Celana Anak, Jaket Anak

    ReplyDelete
  80. you are very good at writing an article. very inspiring and very helpful providing information to everyone and I like it.

    ReplyDelete
  81. Thank you very much gan has shared the info with us, may be useful and more successful for all.

    ReplyDelete
  82. padahal mah tolong aja gan.. kasih duit buat makan.. :-D

    ReplyDelete
  83. I like this blog, every article you write is the result of your creativity, so the result is very interesting and useful.

    ReplyDelete
  84. Happy to be visiting here, very interesting..

    ReplyDelete
  85. sangat menyentuh hati .. Tuhan Memberkati

    ReplyDelete
  86. I appreciate everything you have added to my knowledge base.Admiring the time and effort you put into your blog and detailed information you offer.Thanks

    ReplyDelete
  87. sangat menarik dan sangat bermanfaat artikelnya gan..

    ReplyDelete
  88. selain dapet ilmu ternyata blog ini + dofollow juga ya!
    jadi dapet ilmu + backlink. thanks sob!
    Rahasia Seo Master Blogger
    Fakta-Fakta Misteri Yang Belum Terpecahkan

    ReplyDelete
  89. Glad I could visit this blog. No tired of her constantly listening to the articles that you write. Keep the spirit !!

    ReplyDelete
  90. Thanks for writing such a good article, I stumbled into your blog and read a few post.

    ReplyDelete
  91. Percayakah Anda dengan membuka seseorang bisa meraih kesuksesan . .

    kami punya jawabanya silahkan klik disini ==> Buka Aura Gratis

    ReplyDelete
  92. I really appreciate this blog, because the blog is so interesting and useful for me.

    ReplyDelete
  93. I really appreciate this blog, because the blog is so interesting and useful for me. Thank you so much !

    ReplyDelete
  94. kisah yang cukup inspiratif . . thanks gan

    ReplyDelete
  95. Regular visits to this blog, I am happy to listen to all your articles. Because everything is very inspiring at all and is very useful for me.

    ReplyDelete
  96. Kadang-kadang emang gak nyangka ternyata kita anggap orang baik...taunya bahaya buat kita... WASPADALAH! Nice share thanks

    ReplyDelete
  97. orang yang baik ditolong belum tentu juga dia akan baik pula kepada kita

    ReplyDelete
  98. orang yang baik ditolong belum tentu juga dia akan baik pula kepada kita

    ReplyDelete
  99. This is my regular visits admin, I like the results of your writing. Unbelievably interesting and certainly useful for me.

    ReplyDelete
  100. Memang begitulah adanya, kita harus bijak dalam memberikan pertolongan namun menolong siapapun tetap mendapatkan balasan dari Allah

    ReplyDelete
  101. informasi ini sangat saya butuhkan dan sangat bermanfaat sekali untuk saya baca
    thanks admin semoga maju terus untuk blognya

    ReplyDelete
  102. I am very happy with your article, written contents topic is very neat and quality.

    ReplyDelete
  103. Kita emang harus hati-hati soalnya banyak kejadian orang yg ditolonngin itu malah orang yg menjerumuskan kita

    ReplyDelete
  104. hati hati dengan orang yang baru kenal, meskipun orangnya kelihatan baik

    ReplyDelete
  105. wah jadi begitu ya . Terima kasih

    ReplyDelete
  106. Kita memang dituntut berhati-hati dalam setiap keadaan

    ReplyDelete
  107. Kita memang dituntut untuk berhati-hati di setiap kondisi

    ReplyDelete
  108. sy sendiri terus terang udah beberapa kali nolong orang yang seperti itu di dunia nyata. Paling sering sih.. pinjem uang, terus kabuuuurr...

    ReplyDelete
  109. terima kasih akan beritanya. semoga terus menamberita yang bermutu

    ReplyDelete
  110. Jaman sekarang mah banyak orang memanfaatkan kebaikan seseorang
    nice share, thanks :)

    ReplyDelete
  111. menolong sesama memang bagus dilakukan oleh setiap makhluk... ada tapinya !!! dijaman modern ini apalagi didunia maya memang harus waspada jangan terlalu percaya, temen saya juga pernah dapet inbox dari fb katanya janda berdomisili di malaysia kalau ndak salah di terlibat masalah rebutan warisan dengan saudaranya dan ia hendak menitipkan uang ke temen saya... dan kalau temen saya bersedia akan dibagi setengah dari warisan itu... dan saya sarankan untuk tidak menghiraukan pesan inbox tersebut. Takutnya nanti ada pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan data2 dari temen saya tersebut. keputusan yang anda ambil memang benar mas. jangan asal menolong orang kenal aja enggak... waspada!!!

    ReplyDelete
  112. These posts are very informative for me and everyone, i want to say thanks for this blog. keep it up.

    ReplyDelete
  113. Informasinya sangat lengkap dan bermanfaat, semoga makin sukses ya gan..
    thanks

    ReplyDelete
  114. informasinya sangat bagus dan mantab banget. semoga bisa bermanfaat buat semuanya. terima kasih...

    ReplyDelete
  115. informasi yang sangat mantab dan bagus banget. semoga bisa bermanfaat buat semuanya. terima kasih...

    ReplyDelete
  116. I would like to thank you for the efforts you had made for writing this awesome article.

    ReplyDelete
  117. http://jualcelanahernia-obathernia.blogspot.co.id/

    http://jualcelanahernia-obathernia.blogspot.co.id/2015/10/celana-hernia-anak-dan-bayi.html

    http://jualcelanahernia-obathernia.blogspot.co.id/2015/10/celana-hernia-dewasa.html

    http://jualcelanahernia-obathernia.blogspot.co.id/2015/10/celana-hernia-wanita.html

    http://jualcelanahernia-obathernia.blogspot.co.id/2015/10/pills-obat-hernia.html

    ReplyDelete
  118. jangan-jangan bocah itu memang butuh kerjaan gan...

    ReplyDelete
  119. Her topic is very good quality contents all. I really like this blog.

    ReplyDelete
  120. thanks gan untuk artikelnya,,,kasihan rumahnya terbakar ya
    http://goo.gl/5E7fwT
    http://goo.gl/77M4Fr

    ReplyDelete
  121. Gagah News

    Jaman sekarang sulit manusia memiliki empati akan tetapi mulai sekarang bisa kembali kita tumbuhkan

    ReplyDelete
  122. http://obatherbalwasiralamidenature.blogspot.co.id
    http://obatherbalwasiralamidenature.blogspot.co.id/2015/11/keunggulan-produk-de-nature.html
    http://obatherbalwasiralamidenature.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-wasir.html
    http://obatherbalwasiralamidenature.blogspot.co.id/2015/11/cara-pemesanan.html
    http://obatherbalwasiralamidenature.blogspot.co.id/2015/11/alamat-de-nature.html

    ReplyDelete
  123. mantap gann artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  124. Thank you for the article you wrote, it is very good quality contents all. I like this blog.

    ReplyDelete
  125. Thank you for your article, it's very good quality contents. I like this blog.

    ReplyDelete
  126. Increasingly frequent visitor to this blog, because I like being able to get the knowledge from here.

    ReplyDelete
  127. Proses Pemnyembuhan Pasca CaesarNovember 20, 2015 at 1:08 PM

    Thank you very much useful article for me.

    ReplyDelete
  128. iya gan, tetap harus waspada jangan ceroboh
    www.waylifehealthy.com

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan komentar, demi memberi motivasi saya dalam mengurus blog ini. Komentar tanpa submit CAPTA,serta blog ini Dofollow...

DAFTAR ISI

Popular Posts

ARSIP

Powered by Blogger.