ads

Desa Petaling jaya


Desa Petaling Jaya merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Desa ini merupakan desa salah satu desa transmigrasi yang terdapat di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Pada saat ini, tahun 2016 Desa Petaling Jaya dipimpin oleh seorang kepala desa yang bernama Rohman. 
 
Petaling Jaya
Desa Petaling Jaya

Desa Petaling Jaya yang merupakan salah satu desa transmigrasi, mayoritas masyarakatnya merupakan masyarakat yang berasal dari suku jawa. Desa Petaling Jaya merupakan salahsatu desa yang homogen, hal ini dapat dilihat dari keberadaan berbagai macam suku yang terdapat di dalamnya. Selain mayoritas masyarakat yang berasal dari suku jawa, juga terdapat beberapa suku, diantaranya adalah suku melayu, batak dan minang.

Pada awal mula penempatan yakni sekitar tahun 1986-1987, mayoritas masyarakat yang terdapat di Desa Petaling Jaya berfropesi sebagai petani, hanya sebagian kecil saja yang berprofesi sebagai pedagang. Sulitnya perekonomian pada masa itu disebabkan karena masyarakat Desa Petaling Jaya masih baru menempati sebuah desa yang juga baru dibentuk. Sekitar tahun 1998 – 1999, masyarakat Desa Petaling Jaya beserta aparat pemerintahan desa, melalui koordinasi petugas instansi terkait seperti Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) Dinas Pertanian yang saat ini berubah menjadi BP4KKP beserta instansi-instansi lain, membuat satu terobosan baru yang tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat Desa Petaling Jaya yakni dengan cara mencari pihak ketiga (perusahaan) perkebunan kelapa sawit yang mau bekerja sama mengelola tanah masyarakat Desa Petaling Jaya untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit.

Alhamdulilah, sebuah terobosan yang 15 tahun lalu sama-sama dirintis dengan susah payah, akhirnya membuahkan hasil yang optimal. Masyarakat Desa Petaling Jaya kini mayoritas berprofesi sebagai petani kelapa sawit dengan pendapatan rata-rata sekitar 6 – 7 juta /bulan/Ha. Meningkatnya hasil pendapatan masyarakat Desa Petaling Jaya menyebabkan meningkatnya taraf hidup dan perekonomian masyarakat Desa Petaling Jaya.

10 comments:

Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar, demi memberi motivasi saya dalam mengurus blog ini. Komentar tanpa submit CAPTA,serta blog ini Dofollow...

Popular Posts